07 Juli 2012

Mungkin kamu sudah sering melihat file rar dan zip, apalagi kamu yang suka mendownload file dari internet pasti sering menemukannya. Terus apa bedanya file .rar dan file .zip? Ok langsung ja berikut ini penjelasan tentang file .rar dan file .zip

Arsip RAR: Di dalam banyak kasus, format RAR menciptakan kompres/tekanan yang lebih padat jika di bandingkan dengan format ZIP. Kelebihan dari RAR yang lainnya adalah mendukung multivolume. Jika anda harus menciptakan suatu arsip multi-volume, maka menggunakan RAR adalah pilihannya. Format RAR juga mempunyai beberapa hal penting lain yang tidak di jumpai dalam format ZIP. Misalnya kemampuan RAR untuk merekontruksi arisp yang rusak, perlindungan/kunci arsip, dan melindungi arsip penting dari modifikasi yang tidak di sengaja.

Format RAR juga bisa mengatasi file yang bisa dikatakan ukuran tak terbatas (sampai kepada 8.589.934.591 GB). Sedangkan ukuran maksimum dari satu file ZIP hanya 2 GB. Sistem file yang mendukung file berukuran lebih dari 4 GB adalah NTFS atau yang lebih terbaru dari itu.

Arsip ZIP: Format ZIP adalah yang paling populer. Sebagai contoh, kebanyakan arsip di internet adalah berformat ZIP. Jika anda akan mengirimkan suatu arsip RAR ke seseorang, mungkin saja orang tersebut tidak memiliki WinRAR untuk mengekstrak arsip RAR, hal ini bisa saja membuat anda untuk memilih format ZIP pada sisi lain. Anda dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). Arsip self-extracting memiliki sedikit ukuran yang lebih besar, tetapi dapat mengekstrak dirinya tanpa bantuan program apapun. Keuntungan ZIP yang lain adalah kecepatan, proses penciptaan arsip ZIP lebih cepat dari arsip RAR.


Source: http://dedepurnama.blogspot.com/2012/07/apa-perbedaan-file-rar-dan-zip.html

0 komentar:

Poskan Komentar